Apa itu skema Ponzi? & model penipuannya

giphy (2)

Apa itu skema Ponzi? & model penipuannya

Skema Ponzi bisa mendatangkan kerugian yang sangat besar bagi para investor karena skema ini tidak membayarkan komisi sama sekali. Orang sering kali menyebut skema ini dengan pyramid atau skema pyramid. Orang yang masuk lebih dahulu akan mendapatkan keuntungan dari orang orang yang baru bergabung. Dengan demikian, sistem akan hancur jika tidak ada orang baru yang mau bergabung.

Untuk bisa membuat orang bergabung, biasanya skema ini akan memberikan janji yang sangat fantastis seperti penghasilan yang tidak terbatas, pengembalian yang sangat besar dalam waktu singkat. Tanpa hal hal berlebihan seperti ini, biasanya orang tidak akan mau terlibat di dalamnya. oleh karena itu, anda harus waspada jika menerima tawaran di luar batas kewajaran. Alih alih anda sedang mendapatkan tawaran untuk bergabung pada suatu rencana yang berdasarkan skema ini.

 

ASAL MULA SKEMA PONZI

Artikel ini diambil dari Knutson mengenai skema Ponzi dan artikel “double your money in 90 days”

Carlo Charles Ponzi lahir di parma, italia, pada tahun 1882. Pada November 1903, dia berimigrasi ke amerika serikat. Selama 14 tahun, Ponzi pergi dari satu kota ke kota yang lain dan dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain. Dia bekerja sebagai pencuci piring, pelayan restoran, penjaga toko, dan bahkan sebagai penterjemah bahasa italia.

Pada tahun 1917, dia tinggal di boston dan bekerja sebagai tukang ketik dan penjawab surat surat dalam bahasa asing. Di boston inilah, pada agustus 1919 dia menemukan mekanisme yang diyakininya bisa membuat dirinya dan para investor menaruh uang padanya menjadi sangat kaya

 

BAGAIMANA SEMUA INI DIMULAI

Pada waktu itu, Ponzi mempertimbangkan untuk menerbitkan majalah mengenai ekspor. Dia sudah menulis proposal tentang rencananya ini untuk seseorang di spanyol. Pada saat Ponzi menerima surat balasan, orang tersebut menyertakan satu kupon untuk mengirimkan kembali. Ide dasar dari kupon ini sangat sederhana. Ponzi tinggal membawa kupon ini pada kantor pos terdekat dan menukarnya dengan perangko amerika. Perangko amerika ini digunakan untuk mengirimkan majalah ke spanyol.

Ponzi menyadari bahwa kupon balasan ini dibeli di spanyol dengan harga 1 sen dollar amerika, tetapi jika ditukarkan di amerika, dia mendapatkan 6 perangko 1 sen dollar amerika. Dia berpikir, seandainya dia bisa membeli kupon balasan senilai 100 dollar di spanyol maka dia bisa menukarnya dengan perangko senilai 600 dollar di amerika. Kemudian, perangko ini bisa dijual ke pihak ketiga dan akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar, yang jauh melebihi bunga yang diberikan oleh bank manapun juga.

Pikiran Ponzi dengan cepat merencanakan suatu skema yang pintar untuk membuat idenya menjadi kenyataan. Dia sudah memutuskan untuk bisa menjadi orang yang kaya.

Langkah pertama yang dia lakukan adalah merekomendasikan uang dollar amerika yang dia lakukan adalah mengkonversikan uang dollar amerika miliknya menjadi lira italia (atau mata uang lainnya selama nilai tukarnya bagus). Agen agen luar negeri milik Ponzi kemudian menggunakan uang itu untuk membeli kupon balasan di negar Negara yang mempunyai ekonomi lemah. Kemudian, kupon kupon ini akan dikirim ke amerika dan akan ditukarkan dengan uang. Ponzi menyatakan bahwa keuntungan yang dia dapat lebih besar dari 400 persen.

Apakah dia memang mampu melakukan hal ini? Jawabannya tentu saja, Tidak. Waktu yang digunakan untuk mendekati bermacam macam organisasi yang menangani kantor pos di beberapa Negara serta waktu yang dipergunakan untuk mentransfer uang membuat keuntungan seperti yang diimpikan Ponzi menjadi sirna.

 

YANG TERJADI SEDIKIT TIDAK BISA DIKONTROL…..

Skema yang gagal tidak membuat Ponzi meninggalkan ide hebatnya. Teman teman dan keluarganya dengan mudah mengerti apa yang dia bicarakan dan mulai menanamkan uang mereka. Jika anda memperlihatkan uang di wajah seseorang, maka dia pasti ingin mengambilnya.

Pada 26 desember 1919, Ponzi mulai mendirikan bisnisnya yang diberi nama the security exchange company. Dia menjanjikan bunga sebesar 50 persen dalam waktu 90 hari, dan semua orang menginginkan hal ini. Bahkan, dia menyatakan bahwa dia sanggup memenuhi janjinya tersebut hanya dalam waktu 45 hari. Hal ini akan memungkinkan orang bisa membuat uang yang dimiliki menjadi dua kali lipat hanya dalam waktu 90 hari.

Berita mengenai ide hebat Ponzi ini menyebar dengan sangat cepat, dan dalam beberapa bulan antrian di depan pintu kantornya mulai meningkat. Ribuan orang membeli promisory notes milik Ponzi dengan nilai antara 10 dollar sampai 50.000 dollar. Rata rata investasi yang diterima Ponzi senilai 300 dollar, nilai ini sangat besar pada waktu itu.

Mungkin anda akan bertanya dengan terheran heran, “mengapa ada begitu banyak orang yang menginvestasikan uang pada skema yang tidak jelas ini?”. Alasan utamnya adalah para investor awal telah melihat pengembalian yang sangat besar dari investasi mereka. Ponzi menggunakan yang yang didapat dari investor yang lebih akhir masuk untuk membayar para investor terdahulu.

Dengan perkiraan pendapatan sebesar 1 juta dollar per minggu untuk orang yang berada pada level tinggi pada skema yang ada, para staf baru yang disewa tidak dapat menangani uang yang masuk dengan cepat. Mereka memasukkan uang tunai tersebut pada laci, tempat sampah, dan beberapa tempat lainnya. Kantor cabang-kantor cabang baru mulai dibuka, dan skema ini mulai menyebar sampai ke new England.

Pada musim panas tahun 1920, Ponzi telah mempunyai uang sebesar beberapa juta dan mulai hidup dengan kekayaan yang luar biasa. Ponzi mulai mengenakan pakaian yang terbaik, mempunyai selusin tongkat emas, istrinya mulai mengenakan perhiasan perhiasan yang terbaik, serta membeli rumah dengan 20 kamar.

 

KEHANCURAN

Semua skema yang menawarkan kekayaan senantiasa akan menarik perhatian dari hukum, dan Ponzi juga mengalami hal yang sama. Sejak semula, dia sudah diinvestigasi mulai otoritas lokal, state bahkan federal. Tetapi, semuanya itu tidak bisa menemukan satupun kesalahan pada apa yang dilakukan oleh Ponzi. Ponzi selalu bisa memenuhi apa yang menjadi kewajibannya untuk membayar pada hari ke 45. Semua orang berbahagia karena mendapatkan apa yang dijanjikan sehingga tidak ada satu pun complain pun yang ditujukan kepadanya.

Pada tanggal 26 juli 1920, house of cards milik Ponzi mulai bangkrut. Surat kabar boston post memuat pada halaman utama mengenai hal ini dan menanyakan legitimasi dari skema Ponzi. Pada hari itu juga, pengadilan distrik mengeluarkan perintah untuk menunda semua investasi baru sampai auditor memeriksa (mengaudit) keuangan milik Ponzi.

Dalam beberapa jam, orang mulai bergerombol di depan kantor Ponzi untuk meminta kembali investasi mereka. Ponzi menyakinkan mereka bahwa perusahaan masih memiliki kondisi keuangan yang stabil dan akan mampu memenuhi semua kewajiban perusahaan. Dia akan mengembalikan uang kepada siapapun yang menghendakinya. Pada akhir hari, dia berhasil mengembalikan uang sekitar 100 orang investor yang berada dalam kondisi panic.

Dengan keberhasilan memenuhi semua kewajiban yang dimiliki, massa yang marah mulai reda dan dukungan kepada Ponzi mulai meningkat. Orang orang mengikuti semua yang dilakukan oleh Ponzi. Bahkan, mereka menyarankan Ponzi untuk mulai masuk di dunia politik. Ponzi benar benar dianggap sebagai pahlawan. Sorak sorai dan tepuk tangan meriah senantiasa bergema dan mereka ingin senantiasa menyentuh tangannya untuk menyakinkan Ponzi bahwa mereka percaya kepada dia.

Ponzi tetap terus bermimpi. Dia berencana untuk mulai mendirikan bank jenis baru yang membagi keuntungan yang diterima sama besar antara pemegang saham dan para depositor. Dia juga merencanakan untuk membuka kembali perusahaannya di bahwa nama Charles Ponzi company, yang mempunyai bisnis utama berinvestasi pada semua industri utama di seluruh dunia. Kelihatannya, tidak seorang pun yang memberitahukan Ponzi bahwa kunci sukses untuk semua penipuan keuangan adalah mengambil uang yang sudah masuk dan kemudian lari.

Masyarakat tetap mendukung Ponzi sampai 10 agustus 1920. Pada tanggal ini, para auditor, bank dan Koran Koran menyatakan bahwa Ponzi sudah dalam keadaan bangkrut. Dua hari kemudian, Ponzi menyatakan bahwa dia mempunyai catatan criminal yang membuat keadaan menjadi semakin buruk. Pada tahun 1908, dia masuk penjara selama 20 bulan di kanada karena melakukan penipuan yang relative sama, yaitu menjanjikan memberi bunga yang sangat tinggi. Dilanjutkan pada tahun 1910, dia mendapatkan dua tahun penjara di Atlanta, Georgia, karena menyelundupkan 5 orang italia dari kanada ke amerika serikat.

Pada tanggal 13 agustus 1920, Ponzi ditangkap oleh otoritas federal dan dilepaskan setelah memberikan jaminan sebesar 25.000 dollar. Beberapa saat kemudian dia ditangkap oleh otoritas Massachusetts dan dilepaskan kembali setelah memberikan tambahan jaminan sebesar 25.000 dollar.

 

PADA AKHIRNYA….

Akhirnya, kekacauan besar terjadi. Ada banyak tuntutan yang diberikan oleh Ponzi, pengajuan bangkrut oleh Ponzi dan penutupan 5 buah bank. Tentu saja, ada banyak usaha yang dilakukan untuk mencoba mengembalikan semua investasi yang sudah terlanjur masuk.

Diperkirakan ada 40.000 orang telah bergabung menjadi investor dan melibatkan uang sebesar 15 juta dollar (bernilai sekitar 140 juta dollar kurang lebih). Audit final dari keuangan Ponzi menyatakan bahwa dia mempunyai uang yang cukup untuk membeli sekitar 180.000.000 kupon pengembalian, tetapi dia hanya membeli 2 buah kupon.

Sumber pemasukan legal yang diterima oleh Ponzi sebesar 45 dollar yang berasal dari 5 buah saham telekomunikasi yang dia miliki. Total asset yang dimiliki sebesar $1.593.834,12 yang sama sekali tidak cukup membayar utang yang dimiliki. Diperlukan sekitar 8 tahun untuk mengembalikan sekitar 37 persen investasi dari para investor. Dengan kata lain, banyak orang akan mengalami kerugian.

Ponzi dihukum selama 5 tahun di penjara federal karena menggunakan surat untuk melakukan penipuan. Setelah tiga setengah tahun, Ponzi mendapatkan hukuman tambahan dari otoritas Massachusetts, dia dibebaskan dengan jaminan 14.000 dollar, meminta keringan, dan menghilang sekitar satu bulan.

Dimana dia pergi?, apakah dia pergi ke luar negeri?, apakah dia menghilang dari muka bumi?, tidak ada seorang pun yang tahu!

Tidak, dia terlihat di florida tidak lama kemudian. Dengan menggunakan nama Charles Borelli, Ponzi kembali mengerjakan skema yang sama, tetapi dengan menggunakan tanah. Dia telah membeli tanah dengan harga 16 dollar per hektar, membaginya menjadi 23 bagian dan menjual tiap bagiannya seharga 10 dollar. Dia menjanjikan pada investor bahwa tanah yang dibeli seharga 10 dollar akan menjadi $5.300.000 dalam waktu 2 tahun. Padahal, kebanyakan tanah itu berada di bawah air dan sama sekali tidak berharga.

Ponzi diindikasikan terlibat penipuan dan dimasukkan ke dalam penjara florida selama 1 tahun. Sekali lagi, dia bisa membebaskan diri pada tanggal 3 juni 1926, dan melarikan diri ke texas. Dia berencana pergi ke itali denan naik kapal, tetapi tertangkap tanggal 28 juni 1926 di pelabuhan new Orleans. Pada tanggal 30 juni, dia mengirimkan telegram ke Presiden Calvin Coolidge meminta dideportasi. Permintaan itu ditolak dan dia dikirimkan kembali ke boston untuk menyelesaikan masa tahanannya. Setelah tujuh tahun, Ponzi dibebaskan kemudian dideportasi ke itali pada 7 oktober 1934.

Setelah kembali ke roma, Ponzi menjadi penterjemah bahasa inggris. Mussolini kemudian menawarkan pekerjaan pada maskapai penerbahangan baru dan dia menjabat sebagai kepala cabang rio di janciro pada tahun 1939-1942. Ponzi menemukan bahwa beberapa petugas penerbangan menggunakan jasa kurir untuk menyelundupkan uang dan Ponzi ingin menghentikannya. Dia menyampaikannya kepada pemerintah brasil, perang dunia kedua membuat perusahaan penerbangan yang dipimpinnya menjadi bangkrut dan Ponzi menjadi seorang pengangguran.

Sekali lagi dia berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain, Ponzi meninggal pada januari 1949 di rumah sakit rio de janeiro. Seseorang telah beralih dari kemiskinan menjadi seorang yang sangat kaya kembali lagi menjadi miskin dalam waktu 6 bulan. Dia meninggalkan satu tulisan yang tidak selesai yang berjudul the fall of mister Ponzi.

 

Skema Ponzi

  1. berkaitan dengan produk

Apakah ada produk yang terlibat dalam rencana MLM? Jika tidak ada produk yang terlibat, pasti rencana tersebut termaksuk skema Ponzi.

Akan tetapi, rencana MLM, tanpa melibatkan produk seperti ini, sudah sangat jarang dilakukan dewasa ini.

Mereka tetap menggunakan produk, tetapi harga dari produk tersebut jauh melebihi nilai dari produk tersebut.

Mengapa demikian?, karena produk tersebut hanya merupakan kedok sehingga mereka tidak dianggap illegal. Jadi, produk tersebut sama sekali tidak dianggap keberadaannya.

Apakah harga dari produk yang ada bisa bersaing dengan produk serupa yang ada di pasaran?

Produk MLM yang sesungguhnya mempunyai kualitas yang bagus, tetapi memiliki harga yang bisa bersaing di pasaran. Sedangkan skema Ponzi mempunyai produk yang di pasaran tidak ada yang sejenis sehingga tidak bisa membandingkan harganya. Oleh karena itu, produk yang dipilih biasanya produk “ajaib” (yang dikatakan sebagai terobosan produk baru) dan produk obat obatan

Anda harus memberikan perhatian khusus pada produk produk yang tidak mempunyai produk pembandingnya di pasar.

Banyak distributor dari produk yang seperti ini menyatakan bahwa produk tersebut hanya bisa dibuat oleh perusahaan mereka karena hanya mereka yang memiliki teknologi untuk membuatnya.

Pertanyaan yang muncul adalah “jika memang produk tersebut demikian hebat, mengapa tidak dijual melalui cara yang biasa?”. Jangan jangan produk ini tidak akan laku jika tidak disertai tawaran untuk mendapatkan kekayaan dengan cepat dan mudah

Di dalam era persaingan yang demikian cepat, siklus hidup suatu produk dengan teknologi baru akan dengan cepat selesai. Jika ada suatu produk yang sangat diinginkan oleh pasar, perusahaan perusahaan akan cepat meniru untuk membuat produk tersebut dengan teknologi yang lebih baru dan dengan hasil yang lebih bagus. Oleh karena itu, jika tidak ada produk yang sejenis di pasar, kemungkinan besar produk tersebut memang tidak diinginkan oleh pasar

 

  1. Berkaitan dengan biaya bergabung

Berapakah biaya yang harus dikeluarkan untuk ikut bergabung?

Skema Ponzi biasanya mengharuskan seseorang untuk membeli barang dalam jumlah yang besar atau membayar uang masuk yang sangat tinggi

 

  1. Berkaitan dengan jaminan uang kembali

Apakah perusahaan memberikan jaminan pada produk produknya?

Perusahaan MLM sejati menganggap kepuasan pelanggan sebagai hal yang utama karena focus mereka adalan menjual produk. Perusahaan yang tidak bisa menjaga kualitas produknya akan segera hancur. Selain itu, perusahaan MLM sejati biasanya memberikan jaminan untuk membeli semua produk dari distributor kalau mereka ingin berhenti

Skema Ponzi tidak akan melakukan kedua hal ini. Skema Ponzi senantiasa tidak terlalu memperdulikan produk karena bisnis utama mereka adalah menjual peluang untuk mendapatkan kekayaan dengan cepat dan mudah. Oleh karena itu, uang yang sudah masuk pasti tidak bisa diambil kembali. Uang tersebut sudah diberikan kepada distributor yang berada di posisi atas

 

  1. skema Ponzi lainnya
  2. Koperasi dengan bunga tinggi

beberapa kasus pemberian bunga yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan suku bunga tabungan atau deposito

 

  1. Arisan berantai

banyak penipuan lain yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah arisan berantai.

Jika seseorang menerima surat ini, maka diharapkan dia mengirimkan uang ke orang yang berada pada daftar pertama. Kemudian memperbanyak surat tersebut dan menghapus daftar orang yang berada pada urutan pertama tersebut. kemudian, dia berhak memasukkan nama dan nomor rekeningnya pada posisi paling bawah di daftar. Dengan demikian, diharapkan dia akan segera mendapatkan uang tanpa bekerja

Contoh: “kirimkanlah uang Rp.10.000,- ke rekening yang ada di daftar tersedia. Tunggulah selama 4 minggu dan periksalah saldo rekening tabungan anda. Tak ubahnya hujan turun dari langit. Setelah memeriksa saldo rekening, ternyata semuanya berjumlah Rp.4.810.300.000,-, 4 milyar lebih”. Inilah salah satu contoh penipuannya

 

  1. money game

Sesuai dengan namanya, yaitu permainan uang.

Skema investasi ini sama sekali tidak melibatkan barang, jadi, skema investasi ini mutlak hanya melibatkan uang.

Skema investasi ini mengharuskan menyetor uang yang nantinya akan diberikan kepada perusahaan dan kepada para anggota yang sudah masuk sebelum mereka.

Jadi, penghasilan seseorang ditentukan oleh para anggota yang masuk sesudah mereka. Karena mekanisme yang seperti ini, skema investasi ini akan segera hancur begitu tidak ada anggota baru yang bergabung lagi.

Skema seperti ini sangat cepat hancur. Jangan sekali kali ikut serta dalam skema yang seperti ini. Hanya ada 2 pilihan, mengalami kerugian atau mendapatkan keuntungan yang dihasilkan dari kerugian orang lain.

Jika anda merasa bahwa mendapatkan keuntungan yang berasal dari kerugian orang lain merupakan suatu yang wajar, maka anda bisa segera masuk dalam skema ini asalkan skema ini baru dimulai dan ini sangat jahat serta merugikan orang lain

 

  1. dana dari harta karun

selain tawaran mendapatkan keuntungan dengan bunga tinggi, beberapa penipuan menawarkan skema untuk mendapatkan keuntungan dari dana yang tidak jelas asalnya, seperti dana berasal dari harta karun

 

  1. menang undian

skema penipuan yang lain adalah dengan memberikan pengumuman yang menyatakan seseorang mendapatkan sayembara atau undian. Kabar gembira seperti ini seringkali membuat akal sehat seseorang menjadi tertutup. Biasanya tanpa pikir panjang orang akan segera memberikan uang kepada pihak pengelola ketika mereka merasa akan mendapatkan hadiah/uang yang lebih besar dengan yang mereka berikan.

Penipuan seperti ini kadangkala memperkenalkan pengelola mereka mempunya alamat yang seperti resmi. Hal ini dilakukan supaya pengelola ini sulit untuk dilacak.

 

  1. pasar uang

bentuk penipuan keuangan lainnya adalah dengan mengajak bergabung di dalam pasar uang. Sama dengan skema penipuan yang lain, perusahaan ini menjanjikan untuk memberikan keuntungan yang besar.

Kemudian, mereka akan memberikan keuntungan tersebut tepat waktu pada bulan bulan awal. Setelah para investor menjadi percaya dan mulai menginvestasikan uang mereka lebih banyak lagi, barulah terlihat bentuk asli dari skema penipuan ini.

Cerita selanjutnya bisa ditebak. Para investor akan berusaha untuk menghubungi pemimpin perusahaan, tetapi mereka tidak bisa menemuinya. Akhirnya, mereka akan melaporkan kasus mereka kepada polisi, tetapi kemungkinan untuk mendapatkan kembali uang yang mereka investasikan akan sangat kecil